Sabtu, 16 Mei 2009

Tiada yang dapat di Andalkan










Kebaktian hari Sabat pagi 16 Mei 2009 dimulai dengan ucapan selamat datang dari pemimpin acara Sdr. Maxi Boyoh kemudian dilanjutkan dengan lagu buka, ayat inti dan doa dibawakan oleh Sdr. Fendy Sigar dan dilanjutkan dengan acara Rumah Tangga oleh Sdr. P. Pasaribu. Selanjutnya berita dari tanah sebrang "mission spotlight" disampaikan oleh Sdr. Wagner Mamora. Acara Promosi Pelayanan Perorangan dibawakan oleh Sdr. Fendy Sigar yang mengajak seluruh anggota jemaat untuk terus memberitakan tentang Yesus di mana saja kita berada. Setelah promosi pelajaran sekolah sabat, acara diskusi sekolah sabat dimulai dengan pembagian kelompok diskusi di masing-masing UKSS dengan topik pelajaran sekolah sabat adalah Kasih Karunia.

Pada acara khotbah pada Hari Sabat ini dimulai dengan lagu pengantar khotbah yang dipimpin oleh Sdri. Hanna Darmaji kemudian doa invokasi yang dibawakan oleh Pdt. Nixon Moniaga. Ayat bersahutan yang terdapat dalam kita Yesaya 43:1-7 dibawahkan oleh Sdr. Maxi Boyoh kemudian dilanjutkan dengan lagu buka dipimpin oleh Sdri. Hanna Darmaji. Doa Syafaat dibawakan oleh Sdr. Fendy Sigar dilanjutkan dengan bacaan dan doa persembahan yang dibawakan oleh Sdr. Heins Yermias. Tak ketinggalan anak-anak mendapatkan berkat pula melalui cerita anak-anak yang disampaikan oleh Sdri. Meivi. Persembahan lagu pujian pada acara khotbah dibawakan oleh Accapella yang mengangkat semangat umat-umat Tuhan di Jemaat Pionir pada perbaktian Hari Sabat kali ini.

Khotbah Hari Sabat yang penuh dengan berkat di sampaikan oleh Gembala Jemaat Pdt. Nixon Moniaga dengan ayat inti khotbah yang terdapat dalam Kitab Yesaya 43:1-3a. Beliau mengajak seluruh anggota jemaat untuk tetap mengandalkan Tuhan dalam kehidupan umat-umat Tuhan. "Dengan mengambil pengalaman rasul Petrus sejak mengikut Yesus, menyangkal Yesus, bertempramen kolerik, seorang yang berani mengakui dosa sampai pada kematiannya disalibkan kepala dibawah merupakan suatu pengalaman yang penuh dengan beban berat, cobaan,tantangan yang hampir sama dengan kehidupan umat-umat Tuhan diakhir zaman ini. Tetapi itu jangan sampai membuat kita undur jauh dari Tuhan. Kita harus sama seperti Petrus mengakui Yesus sebagai Juruselamat kita. Karena sebagai umat-umat Tuhan yang dapat kita andalakan hanyalah Kristus sebagai Mesias yang sudah mati untuk kita di kayu salib menebus dosa-dosa seluruh umat manusia." Khotbah yang berapi-api dan yang dibawakan Pdt. N. Moniaga serta pengalaman yang beliau bawakan ketika mengunjungi Israel beberapa waktu yang lalu melalui foto-foto dan video membuat seluruh anggota jemaat mendapatkan berkat dari Tuhan. Dan semua ini tentunya untuk memuliakan nama Tuhan saja sebab tidak ada yang dapat kita andalkan selain dari Tuhan kita sendiri.

Disore hari, acara Pemuda Advent dipimpin oleh Sdri. Rista Manawan, dan lagu buka yang dipimpin oleh Sdri. Christa Kaunang dan ayat inti serta doa disampaikan oleh Sdr. Christian Latumahina.
Narasumber acara Pemuda Advent kali ini adalah Bendahara Jemaat Pionir, Sdr. Jantje Pelealu dengan topik " Mengelolah Keuangan Pribadi dan Keluarga." Beliau mengundang perwakilan anggota jemaaat mulai dari anak-anak (Adik Hayen Kawengian), orang muda (Sdri. Thruely Tengor), rumah tangga yang masih baru(Bp. Patrick Tenda), dan keluarga yang sudah berpengalaman yaitu wakil dari ibu-ibu (Ibu Anni Kaunang) dan wakil dari bapak-bapak( Bp. Adri Mokalu). tentu pengalaman yang mereka bagikan memberikan suatu pelajaran bagi seluruh anggota jemaat mulai dari anak-anak, orang muda, sampai kepada orang tua.

Akhir perayaan Hari Sabat mulai terasa, matahari hampir mulai tenggelam disebelah Barat. Renungan Tutup Sabat dibawakan oleh Sdr. Patrick Tenda, yang mengajak anggota-anggota jemaat di Pionir untuk selalu bergantung pada Tuhan dalam segala kesibukan apapun yang dihadapi janganlah kita melupakan Tuhan.
Demikian seluruh rangkaian kegiatan perayaan Hari Sabat mulai dari Sabat pagi sampai pada penutupan Sabat. Seluruh anggota Jemaat Pionir mendapatkan banyak berkat sepanjang hari Sabat. Amuin!
Komunikasi Jemaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar