Sabtu, 30 Mei 2009

KETIKA ALLAH TIDAK DAPAT DIMENGERTI











Kebaktian hari Sabat pagi 30 Mei 2009 dimulai dengan ucapan selamat datang dari pemimpin acara Sdr. Adri Mokalu kemudian dilanjutkan dengan lagu buka, ayat inti dan doa dibawakan oleh Sdr. Hendrik Latumahina dan dilanjutkan dengan acara Rumah Tangga oleh Ztr. Titin Siagian Selanjutnya berita dari tanah sebrang "mission spotlight" disampaikan oleh Sdr. Ztr. Telly Mokalu. Acara Promosi Pelayanan Perorangan dibawakan oleh Sdri. Rumondang Simanjuntak yang mengajak seluruh anggota jemaat untuk terus memberitakan injil kepada orang lain dalam pekerjaan, pergaulan, dan dimana saja umat Advent berada. Setelah promosi pelajaran sekolah sabat, acara diskusi sekolah sabat dimulai dengan pembagian kelompok diskusi di masing-masing UKSS dengan topik pelajaran sekolah sabat pelajaran 9 adalah SURGA.

Pada acara khotbah pada Hari Sabat kali ini dimulai dengan lagu pengantar khotbah yang dipimpin oleh Sdri. Christa Kaunang, kemudian doa invokasi yang dibawakan oleh Sdri. Steva Manawan. Ayat bersahutan dibawahkan oleh Ztr. Jassenta Pelealu. Doa Syafaat dibawakan oleh Sdri. Thruely Tengor dan dilanjutkan dengan bacaan dan doa persembahan yang dibawakan oleh Ztr. Carla Tenda. Pekabaran untuk anak-anak pada Sabat ini disampaikan oleh Sdri. Tysiatoura Tengor. Persembahan lagu pujian pada acara khotbah dibawakan oleh Youth Rainbow dan The Family VG. yang menambah acara pebaktian Hari Sabat menjadi lebuih berhikmah.

Firman Tuhan pada hari Sabat yang diberkati ini dibawakan oleh Sdri. Steva Manawan dengan judul "KETIKA ALLAH TIDAK DAPAT DIMENGERTI", dan ayat inti terdapat dalam Mazmur 23:1. Khotbah yang sangat menarik, dimana menceritakan pengalaman orang-orang yang mendapat cobaan yang berat namun pada akhirnya Allah menpunyai rencana yang ajaib atas semuanya itu. Amsal 25:2; " Kemuliaan Allah adalah merahasiakan sesuatu". Artinya dibalik segala cobaan yang menimpah diri umat manusia, Allah mempunyai rencana yang indah bagi umatNya, Pengkhotbah 11:5. Roma 8 : 28; Allah bekerja dalam segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Sebagaimana pengalaman Raja Daud, dalam Mazmur 23:1 , "Tuhan adalah Gembalaku, takkan kekurangan aku".


Setelah kegiatan kelas kemajuan Pathfinder dan Adventurer, dilanjutkan dengan acara Pemuda Advent dipimpin oleh Adik Betrand Widodo, dan lagu buka yang dipimpin oleh Adik Santrika dan ayat inti serta doa disampaikan oleh Adik Dolfi Tuerah. Acara PA dibawakan oleh Dept. Sekolah Sabat Dewasa dengan tema: "Siapakah Raja danRatu pada Sabat ini?". Dimana untuk menjadi Raja dan Ratu, para peserta harus melewati tahapan seleksi yaitu dengan menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh anggota-anggota jemaat sendiri dan jika pertanyaan tidak bisa dijawab maka si penanya berhak untuk menjadi Raja atau Ratu. Dan jika pertanyaan berhasil dijawab oleh sang calon Raja atau Ratu maka ia berhak untuk terus maju ke pertanyaan berikut sampai waktu yang ditentukan. Adapun pertanyaan-pertanyaan yang diajukan berupa kegiatan acara sepanjang hari Sabat mulai dari malam Vesper, Rumah Tangga, Berita Mission, Promosi Pelayanan Perorangan, Pelajaran Sekolah Sabat, sampai pada acara Khotbah. dan Pemenangnya mendapat souvenir yang menarik dari Dept. Sekolah sabat. Dan pada akhir acara ada dua orang pemenang dan keduanya menjadi Ratu pada hari sabat itu; Sdri Rista manawan dan Adik Hayen Kawengian (calon Raja semuanya gugur).

Diakhir perayaan Hari Sabat jemaat disegarkan kembali dengan Renungan Tutup Sabat dibawakan oleh Sdr. Richard Willy Ruru, yang mengajak anggota-anggota jemaat di Pionir untuk selalu bersandar kepada Tuhan sepanjang satu minggu ke depan, agar dapat mengalahkan segala pencobaan, hambatan dan rintangan dalam aktivitas sepanjang enam hari kedepan.
Kemudian Sdr. Richard melanjutkan dengan doa penutupan Sabat dan sebagaimana biasanya Jemaat membentuk lingkaran kasih dan menyanyikan Lagu Sion nomor 7 "Perhubungan Kita".
Demikianlah acara kegiatan perayaan Hari Sabat di Jemaat Pionir mulai dari acara Sabat Pagi sampai pada acara Penutupan Hari Sabat.
Komunikasi Jemaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar