Sabtu, 06 Juni 2009

Penyucian Orang-orang Percaya











Kebaktian hari Sabat pagi 6 Juni 2009 dimulai dengan ucapan selamat datang dari pemimpin acara Sdri. Rumondang Simanjuntak kemudian dilanjutkan dengan lagu buka, ayat inti dan doa dibawakan oleh Adik Fanny Sitompul dan dilanjutkan dengan acara Rumah Tangga oleh Ztr. Anni Kaunang. Selanjutnya berita dari tanah sebrang "mission spotlight" disampaikan oleh Sdr. Horas Tambunan. Acara Promosi Pelayanan Perorangan dibawakan oleh Sdr. Oliver Latumahina yang mengajak seluruh anggota jemaat untuk terus memberikan teladan kepada orang lain dalam pergaulan,pekerjaan, karena orang Advent sudah dikenal dimana-mana. Setelah promosi pelajaran sekolah sabat, acara diskusi sekolah sabat dimulai dengan pembagian kelompok diskusi di masing-masing UKSS dengan topik pelajaran sekolah sabat pelajaran 10 adalah PEMURIDAN.

Setelah acara diskusi sekolah Sabat, dari Dept. SS Dewasa membawakan acara yaitu dengan memberikan kenang-kenangan bagi saudara-saudari kita yang berulang tahun sepanjang bulan Mei 2009. Dan dilanjutkan dengan acara pengambilan janji baptisan, karena ada satu jiwa yang bertobat datang kepada Tuhan yaitu Sdr. Sinambela menerima Kristus sebagai Juruselamat pribadinya.

Pada acara khotbah pada Hari Sabat kali ini dimulai dengan lagu pengantar khotbah yang dipimpin oleh Sdr.Maxi Boyoh, kemudian doa invokasi yang dibawakan oleh Sdr. Heins Yermias. Ayat bersahutan dibawahkan oleh Sdr. Oliver Latumahina dan Doa Syafaat dibawakan oleh Sdr. Horas Tambunan dan dilanjutkan dengan bacaan dan doa persembahan yang dibawakan oleh Sdr.Oliver Latumahina. Tak ketinggalan anak-anak mendapatkan berkat pula melalui cerita anak-anak yang disampaikan oleh Adik Hayen Kawengian dkk. Persembahan lagu pujian pada acara khotbah dibawakan oleh Sdr. Fendy Cs. " He Touch Me", yang mengangkat hati umat-umat Tuhan di Jemaat Pionir lebih dekat kepada Tuhan.

Khotbah Hari Sabat yang penuh dengan berkat dan suka cita kali ini di sampaikan oleh Sdr. Heins Yermias. Dengan mengambil tema "Penyucian", beliau meemberikan gambaran kepada jemaat apa arti dari penyucian. Menurut tulisan Ny. White yang beliau kutip, " Penyucian bukanlah pekerjaan sesaat,sejam,sehari tapi selama hidup.Itu bukanlah diperoleh dengan suatu perasaan yang senang, tapi sebagai akibat dari terus menerus mati dari dosa, dan secara tetap hidup bagi Kristus……….maka tidak akan ada tempat berhenti,tidak ada batas dimana kita dapat capai dan berkata saya sudah mencapainya" (AA 560,561). Kemudian selanjutnya, "…Oleh bertumbuh setiap hari di dalam kehidupan Ilahi, seseorang tidak akan mencapai kepada keadaan sempurna dari manusia sempurna di dalam Kristus sampai pintu kasihan ditutup. Pertumbuhan adalah suatu pekerjaan berkesinambungan." "Sebagai kesimpulan khotbah ada tiga hal yang penting!" lanjut beliau, "yaitu, pertama, Allah tidak menghakimkan dan memberikan upah pada kita atas dasar kemajuan terbatas di dalam perkembangan tabiat (penyucian) dan modifikasi perilaku,tapi gantinya atas penerimaan kita akan karya penebusan Kristus.
Kedua, Penycian terjadi bila ada usaha manusia dan Iman kepada Kristus
Ketiga, Diluar Kristus kita tidak akan pernah menjadi Suci dan tidak layak di hadapan Alah."

Pada akhir acara dilanjutkan dengan upacara baptisan, yaitu Sdr. Sinambela menyerahkan diri untuk di baptis dan mengikut Yesus sebagai Juruselamat.Upacara baptisan dilaksanakan oleh Gembala Jemaat Pdt. Nixon Moniaga.

Disore hari, acara Pemuda Advent dipimpin oleh Sdr. Horas Tambunan.Acara PA kali ini dibawakan oleh Dept. Adventist Pria, dalam hal ini Sdr. Wagner mamora sebagai Pemimpin Departement. Beliau mengadakan talkshow, tanya jawab masalah internet terhadap perkembangan anak, sehubungan denga Hari Anak Internasional. Dan nara sumbernya adalah orang tua yang mempunyai anak yang memiliki hobi browsing di internet. Banyak hal yang jemaat peroleh dari acara ini dan kesimpulan yang dibawahkan oleh Gembala Jemaat Pdt. Nixon Moniaga sekaligus dengan renungan tutup Sabat, beliau memberikan kesimpulan " orang tua harus berhati-hati dan mengawasi anak-anak dalam menggunakan teknologi internet saat ini dan sepanjang minggu kedepan biarlah kita semua dituntun oleh Tuhan agar kita mendapatkan berkat-berkat yang indah sepanjang Minggu kedepan" lanjut beliau. Beliau juga membawakan doa tutup Sabat dan seperti biasanya jemaat membentuk lingkaran kasih, bergandengan tangan dan menyanyikan lagu sion nomor 7 "Perhubungan Kita." Jemaat Pulang dengan penuh suka cita membawah berkat sepanjang hari Sabat.
Komunikasi Jemaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar